KABUPATEN BARITO SELATAN

17 April 2012 | By admin in UMUM

Kabupaten Barito Selatan adalah salah satu kabupaten di provinsi Kalimantan Tengah. Ibu kota kabupaten ini Buntok.  Motto kabupaten Barito Selatan adalah “Dahani Dahanai Tuntung Tulus”.

Kabupaten Barito Selatan memiliki luas wilayah 12.664 km², berpenduduk kurang lebih sebanyak 180.000 jiwa. Setelah pemekaran kabupaten pada tahun 2002, luas daerah berkurang menjadi 8.830 Km², yang secara administratif terdiri dari 6 kecamatan.

Secara geografis Kabupaten Barito Selatan terletak membujur di sepanjang Sungai Barito dengan letak astronomis diantara 1°20′LU -2°35′LS dan 114° – 115° BT.

Batas-batas wilayahnya meliputi :

- Sebelah Utara berbatasan dengan Kabupaten Barito Utara.

- Sebelah Timur berbatasan dengan Kabupaten Barito Timur.

- Sebelah Selatan berbatasan dengan Kabupaten Hulu Sungai Utara ( Provinsi Kalimantan Selatan ).

 Berdasarkan data regestrasi Penduduk tahun 2008 jumlah penduduknya tercatat sebanyak 125.775 jiwa, dengan tingkat kepadatan 14,1 jiwa / Km².

Kabupaten Barito Selatan mempunyai 6 Kecamatan yaitu :  – Dusun Selatan – Dusun Utara – Karau Kuala – Gunung Bintang Awai – Jenamas – Dusun Hilir.

Suku Dayak di Kabupaten Barito Selatan terdiri dari : – Suku Dayak Ngaju – Suku Dayak Bakumpai – Suku Dayak Maanyan – Suku Dayak Lawangan – Suku Dayak Dusun – Suku Dayak Bawo.

 Upacara Adat yang sampai sekarang masih dijumpai pada penduduk asli adalah Wadian dan Wara : Adat kematian dalam penganut kepercayaan Kaharingan.

 

Leave a Comment